Wagub DKI: Pendaftar PPDB 2021 Sudah Melebihi Daya Tampung Sekolah
Pendaftar PPDB 2021

By Ninik Kristiani 09 Jun 2021, 07:03:27 WIB Metropolitan
Wagub DKI: Pendaftar PPDB 2021 Sudah Melebihi Daya Tampung Sekolah

Gambar : Foto: Wilda/detikcom


Tiara Aliya Azzahra - detikNews, Rabu, 09 Jun 2021

Jakarta, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2021 tengah berlangsung. Di hari kedua PPDB, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan jumlah calon peserta didik baru (CPDB) yang mendaftar telah melebihi daya tampung sekolah negeri di Ibu Kota.

"PPDB ini justru meningkat ya. Kalau jumlah pendaftar itu sudah melebihi dari daya tampung," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (9/6/2021).

Riza menyatakan pada Selasa (9/6) pukul 15.30 WIB, sebanyak 219.037 telah melakukan pengajuan akun. Jumlah ini, sebutnya, masih terus bertambah.

Baca juga:Sistem PPDB DKI Sempat Bermasalah, Ombudsman: Berpotensi Diskriminasi ke CPDB

"Sementara daya tampungnya 212.212 orang. Jadi sudah melebihi diperkirakan pendaftar mencapai kurang lebih 300 ribu (orang)," sebutnya.

Politikus Gerindra itu mengklaim pelaksanaan PPDB tahun ini tak menemukan kendala besar. Dia berharap melalui PPDB kali ini pihaknha dapat mewujudkan pemerataan pendidikan di Jakarta.

"Kita harapkan semua sekolah bisa menjadi sekolahan baik. Tidak ada 1-2 sekolah-sekolah unggulan yang lain tertinggal semua sekolah kita harapkan di Jakarta menjadi sekolah yang baik, berprestasi, menjadi sekolah unggulan menjadi sekolah kebanggaan," tegasnya.

Baca juga:Info PPDB Jakarta 2021 Jalur Zonasi Lengkap Lokasi dan Jadwal Kapan Dibuka

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkirakan akan ada 300 ribu pendaftar yang mengajukan akun pendaftaran di situs PPDB DKI. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga memastikan saat ini kendala terkait akun PPDB DKI telah diatasi.

"Pendaftar yang diantisipasi untuk mengikuti PPDB sekitar 300 ribu karena itu diperkirakan ada pembukaan akun pendaftaran sekitar 300 ribu," kata Anies Baswedan di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (8/6/2021).

Anies mengatakan sejak kemarin sebanyak 70 ribu pendaftar mengakses situs PPDB dan mengajukan akun. Kemudian, hari ini jumlahnya bertambah menjadi 150 ribu.

"Artinya, sudah lebih dari separuh potensi pendaftar sudah mendapatkan akun untuk pendaftaran. Insyaallah ini akan bisa berjalan dengan baik sampai tuntas," jelasnya.

Daya Tampung Sekolah Negeri di Jakarta

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengungkapkan daya tampung sekolah, baik jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), maupun sekolah menengah kejuruan (SMK) kurang dari 50%.

Nahdiana menjabarkan saat ini DKI Jakarta memiliki 113 Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Negeri (SPAUDN), 1.322 Sekolah Dasar Negeri (SDN), dan 292 Sekolah menengah Pertama Negeri (SMPN). Kemudian, jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) sebanyak 115, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) sebanyak 73, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB) sebanyak 13, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 39.

Baca juga:Anies Perkirakan 300 Ribu Pendaftar Akses Situs PPDB DKI 2021

"Total daya tampung untuk SMP Negeri dibandingkan dengan lulusan dari SD Negeri dan swasta serta madrasah hanya dapat mengakomodir 47,33% peserta didik, sedangkan total daya tampung SMA Negeri dan SMK negeri dibandingkan dengan lulusan dari SMP negeri dan swasta serta madrasah hanya dapat mengakomodir 33,66% peserta didik," kata Nahdiana dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

"Dengan daya tampung yang terbatas dan sebaran sekolah yang tidak merata, di mana terdapat 168 kelurahan tidak memiliki SMA Negeri dan 86 kelurahan tidak memiliki SMP Negeri maka harus diterapkan berbagai seleksi PPDB," sambungnya.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita