Waspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak Tubuh
Makanan yang merusah tubuh

By Ninik Kristiani 15 Mei 2021, 06:17:50 WIB Kesehatan
Waspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak Tubuh

Gambar : Foto: iStock


Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 15 Mei 2021 05:00 WIB

Jakarta- Makanan memang diperlukan tubuh untuk menjadi sumber nutrisi, tetapi sebagian makanan lainnya justru dapat merusak tubuh. Kenali daftarnya.

Tubuh memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar kerja fungsi organ tubuh dapat berjalan dengan normal. Makanan-makanan yang dibutuhkan ini biasanya memiliki vitamin dan nutrisi yang tinggi.

Tak hanya makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, sebagian makanan lainnya justru dapat merusak tubuh. Beberapa makanan memiliki kandungan zat yang cukup tinggi yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Biasanya makanan-makanan ini merupakan makanan olahan yang dijual dalam kemasan atau makanan dengan tinggi gula. Cara pengolahan serta kandungan dalam beberapa jenis makanan ini dikatakan harus dihindari karena dapat merusak tubuh.

Berikut ini 7 daftar makanan yang mampu merusak kesehatan tubuh menurut Eat This, Not That (12/5).

Waspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak TubuhWaspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak Tubuh Foto: iStock

1. Daging Panggang

"Daging yang dipanggang dapat merusak kesehatan tubuh karena arang yang dihasilkan. Daging panggang dapat menjadi sumber polycyclic aromatic hidrokarbon dan heterocyclic amines yang berpotensi mengandung karsinogen," kta Holly Klamer selaku ahli gizi Michigan.

Konsumsi makanan yang mengandung karsinogen ini akan sangat berbahaya karena dapat memicu kanker. Jika masih ingin konsumsi daging panggang, Klamer menyarankan untuk memilih daging dengan rendah lemak agar kadar arang yang dihasilkan tak terlalu banyak.

2. Daging Olahan

Daging olahan diproses dengan kadar garam yang sangat tinggi. Tak hanya itu, daging olahan juga mengandung nitrat dan nitrit yang cukup tinggi yang berisiko untuk mengembangkan kanker.

"Daging olahan tak hanya tinggi akan sodium, tetapi mereka juga mengandung nitrat dan nitrit yang meningkat selama proses pembuatan," kata Diana Garigilo selaku ahli gizi NextLuxury.

Baca juga: 6 Makanan yang Merusak Usus, Batasi Konsumsinya

3. Soda

Waspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak TubuhWaspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak Tubuh Foto: iStock

Soda menjadi minuman yang sangat tidak menyehatkan dan dapat mengancam ginjal. Soda juga menjadi musuh utama bagi para penderita diabetes.

"Soda hanya memiliki nol kalori dengan nol manfaat nutrisi. Itu hanya dipenuhi oleh gula dan pemanis buatan, kimia, bahkan pewarna dan zat tambahan lain," kata Alicia Galvin selaku ahli gizi Sovereign Laboratories.

4. Permen

Hampir serupa dengan soda, permen juga makanan tinggi gula yang tak memiliki manfaat nutrisi apapun. Permen hanya mengandung bahan kimia, kalori, gula serta pewarna buatan.

"Konsumsi permen secara rutin dapat mengarahkan pada kenaikan gula darah, disregulasi insulin, potensi diabetes, penyakit jantung, penumpukan lemak pada liver hingga kenaikan berat badan," kata Galvin.

5. Sereal

Waspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak TubuhWaspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak Tubuh Foto: iStock

Sereal memang menjadi sarapan yang cepat, tetapi sereal tak cukup menyehatkan. Kebanyakan sereal yang dijual dipasaran mengandung gula yang tinggi serta pemanis dan pewarna buatan.

Sereal juga tak begitu baik dalam hal kandungan seratnya. Kebanyakan merek sereal, dikatakan oleh Galvin, mengandung protein dan serat yang tak lebih dari 2 gram.

6. Jus dan Smoothie Buah

Buah memang terdengar sehat. Sayangnya, jus buah dan smoothie kemasan tidak sesehat buah aslinya. Jus buah kemasan dan smoothie justru cenderung lebih banyak mengandung gula buatan tambahan.

"Ada hubungan antara minum minuman tinggi gula dengan risiko penyakit kardiovaskular," kata Gariglio.

7. Gorengan

Waspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak TubuhWaspada! Ini 7 Daftar Makanan yang Bisa Merusak Tubuh Foto: iStock

"Makanan yang digoreng biasanya menggunakan minyak yang tidak sehat dan proses penggorengan itu sendiri mengandung racun yang terjadi pada tahap glikasi akhir makanan atay AGEs," kata Galvin.

Glikasi yang terjadi pada makanan ini mengandung kombinasi protein dan gula yang terbentuk dan terendapkan di dalam makanan yang diolah dengan cara digoreng. Proses ini akan menyebabkan endapan pada aliran darah dan sangat sering dihasilkan dari konsumsi makanan yang dipanaskan pada temperatur yang tinggi selama penggorengan atau pembakaran.

Baca juga: Pantangan Penyakit Jantung, Hindari 15 Makanan Ini Agar Darah Tinggi Tidak Naik




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita