[POPULER SAINS] Potensi Tsunami Jawa Timur Tinggi Maksimum 29 Meter | Meteor Jatuh di Puncak Merapi
Potensi Tsunami Jawa Timur Tinggi

By Ninik Kristiani 31 Mei 2021, 09:33:13 WIB Sekitar Kita
[POPULER SAINS] Potensi Tsunami Jawa Timur Tinggi Maksimum 29 Meter | Meteor Jatuh di Puncak Merapi

Gambar : Ilustrasi tsunami(Shutterstock)


Penulis Gloria Setyvani Putri | Editor Gloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Selama akhir pekan ini, sejak Jumat (28/5/2021) hingga Minggu (30/5/2021) ada beberapa berita populer Sains. Mulai dari hasil pemodelan BMKG yang menunjukkan bahwa potensi gempa maksimum di Jawa Timur bisa mencapai M 8,9 dan tinggi maksimum potensi tsunami mencapai 29 meter. Kemudian ada fenomena meteor jatuh di puncak gunung Merapi pada Kamis (27/5/2021). Bagaimana penjelasan Lapan terkait hal ini? Hingga penjelasan ahli soal vaksin sel dendritik yang digaungkan Terawan tak disertai pembuktian dan temuan gambar terbesar di dunia yang ada di India.

Baca juga: [POPULER SAINS] Klarifikasi BMKG Soal SMS Gempa M 8,5 | Cara Memahami Matematika

Potensi tsunami Jawa Timur, tinggi maksimum 29 meter Lihat Foto Hasil pemodelan BMKG menunjukkan, tinggi maksimum potensi tsunami di Jawa Timur adalah 26-29 meter, ini di Kabupaten Trenggalek. Kemudian waktu tiba tercepat tsunami adalah 20-24 meter di Kabupaten Blitar.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan pemodelan matematika untuk mengukur potensi gempa terkuat dan tinggi maksimum tsunami yang bisa menyapu Jawa Timur. Berdasarkan pemodelan matematis, Jawa Timur berpotensi diguncang gempa hingga kekuatan M 8,9 dan tinggi maksimum tsunami mencapai 29 meter. "Dari sejarah dan data-data yang terekam hingga saat ini, akhirnya kami menyusun pemodelan secara matematis potensi tsunami di Jawa Timur," ungkap Dwikorita dalam Webinar bertajuk Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur, Jumat (28/5/2021).

"Hasil analisis kami untuk wilayah Jawa Timur, potensi tsunami seluruh pesisir tinggi maksimum adalah 26-29 meter di Kabupaten Trenggalek. Dan waktu tiba tercepat, datangnya tsunami paling cepat, 20-24 menit di Kabupaten Blitar," imbuh Dwikorita.

Berikut penjelasan dan imbauan BMKG terkait potensi gempa dan tsunami di Jawa Timur:

Hasil Pemodelan BMKG, Tinggi Maksimum Potensi Tsunami Jawa Timur 29 Meter

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita