Kali Keempat Opini WTP saat Anies Baswedan Pimpin DKI
Anies Baswedan

By Ninik Kristiani 01 Jun 2021, 07:26:19 WIB Metropolitan
Kali Keempat Opini WTP saat Anies Baswedan Pimpin DKI

Gambar : Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)


Tim detikcom - detikNews

Selasa, 01 Jun 2021 04:11 WIB

Jakarta, Empat kali berturut-turut Pemprov DKI Jakarta meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Predikat WTP ini adalah yang keempat kalinya yang diraih di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

"Baru saja kita mendengarkan sambutan yang disampaikan anggota 5 atas lampiran 3.030 dan syukur alhamdulillah BPK RI kembali memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Alhamdulillah. Opini ini merupakan tertinggi yang telah dilakukan Pemprov DKI. Opini WTP ini merupakan opini keempat kalinya secara berturut-turut," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya dalam rapur di DPRD DKI, Senin (31/5/2021).

Baca juga:DKI Raih WTP 4 Kali Berturut-turut, PDIP: PR Masih Banyak!

Anies mempersembahkan predikat WTP ini untuk stakeholder dan masyarakat dalam wujud menyelenggarakan pengelolaan keuangan yang akuntabel. Tak lupa, Anies pun berterima kasih pada BPK.

"Kami terima kasih kepada BPK RI yang dilakukan secara amat profesional serta berikan rekomendasi-rekomendasi hasil pemeriksaan sehingga memacu kami dalam mengelola. Masa pemeriksaan ini dilakukan dalam masa COVID. Izinkan kami sekali lagi apresiasi kepada BPK RI," kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda-detikcom)Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda-detikcom) Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda-detikcom)

Anies meminta capaian ini untuk dijadikan pemantik untuk mengoptimalkan perbaikan dan penuntasan yang perlu diperbaiki oleh Pemprov DKI. Selain itu, Anies juga berterima kasih pada ASN yang merelakan waktunya selama proses audit oleh BPK.

Baca juga:Jabar Raih WTP Seperti DKI, Anies Beri Selamat ke Ridwan Kamil

Anies menyebut capaian predikat WTP ini bukan tujuan akhir. Anies menegaskan pihaknya akan melakukan perbaikan mulai dari pengembangan sistem informasi daerah sampai peningkatan dan penguatan APBD.

"Ini adalah bentuk tidak langsung dari Pemprov DKI. Saya juga apresiasi kepada BPKP yang selama ini telah jadi mitra Pemprov DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan akuntabilitas sistem internal pemerintah," kata Anies.

Baca juga:Pemprov DKI 4 Kali Berturut-turut Dapat WTP dari BPK, Anies Bersyukur

Anies pun menyebut WTP ini hal yang biasa sebab sejak 2018 predikat opini itu kembali diraih DKI. Anies pun berupaya akan melakukan perbaikan agar WTP jadi tradisi.

"Saya terima kasih kepada seluruh jajaran Pemprov. Terima kasih juga kepada pimpinan DPRD, anggota DPRD yang telah jadi mitra yang amat baik. Empat kali bukanlah hal sederhana karena ini mencerminkan konsistensi. Kami berharap perbaikan akan terus dilakukan sebaik-baiknya sehingga WTP bisa jadi tradisi. Dapat WTP adalah suatu hal yang biasa di mana bulan Mei 2018 menjadi rasa sebuah kebaruan karena lama kita tidak mendapat WTP. 2018, 2019, 2020, 2021 dapat WTP. Insyaallah ke depan dapat WTP adalah hal yang normal hal yang wajar. Semoga ini bisa memacu menjaga tata kelola keuangan daerah," katanya.

(eva/eva)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita